Ini Cara Mengenali Mulas Tanda Mau Melahirkan yang Asli

Mulas adalah salah satu tanda mau melahirkan yang umumnya dirasakan semua ibu hamil. Hanya saja, mulas ini seringkali juga merupakan kontraksi palsu sehingga Anda tertipu. Ada beberapa hal yang bisa Anda lihat untuk mengenali mana mulas tanda akan melahirkan yang asli dan mana yang palsu. Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa cek di sini!

  1. Kontraksi Awal Tak Teratur

Mulas yang terjadi sebagai tanda akan melahirkan yang asli awalnya tidak teratur, bahkan sama saja seperti mulas atau kontraksi palsu. Hanya saja, seiring dengan berjalannya waktu, kontraksi tersebut akan menunjukkan pola, jarak, frekuensi yang tetap dan lama waktu berlangsungnya makin panjang.

Misalnya saja, mulas tersebut akan terasa setiap 5 hingga 7 menit sekali dan masing-masing berlangsung sekitar 50 detik atau lebih sedikit. Anda bisa menggunakan bantuan jam atau stopwatch guna menandai waktu setiap kali kontraksi agar bisa mengenali kapan waktu mulas tanda akan melahirkan yang asli datang.

  1. Tetap Terasa Meski Berganti Posisi

Mulas tanda akan melahirkan yang asli tetap akan terasa dengan frekuensi yang sama meskipun Anda berganti posisi ketika tidur atau tidak. Selain itu, juga tetap akan terasa meski Anda mengganti aktivitas yang sedang dilakukan. Jadi, bila kontraksinya terus berlangsung, ini menandakan bahwa Anda akan segera melahirkan.

  1. Nyeri di Sekitar Perut

Tanda mau melahirkan yang lainnya adalah Anda akan merasakan nyeri di sekitar perut yang terus-menerus karena rasa mulasi ini. Rasa nyeri tersebut terasa seiring dengan tekanan karena bayi yang turun pada panggul. Sebagian ibu hamil bahkan merasakan sakit tersebut hingga ke bagian pinggang dan paha.

  1. Terasa Seperti Kram Haid

Meski tidak semua wanita merasa mulas yang terjadi sebagai tanda akan melahirkan ini seperti kram haid, tapi kebanyakan wanita merasakan begitu. Kram yang terasa sangat kuat bahkan bagi sebagian terasa memelintir. Namun, bagi sebagian wanita lainnya, mulas ini bisa dirasakan seperti kram ketika perut sedang mengalami diare sehingga lebih ringan.

  1. Air Ketuban Pecah

Tanda pasti yang menunjukkan bahwa Anda akan segera melahirkan adalah mulas yang dirasakan tersebut diikuti dengan air ketuban yang pecah. Air ketuban yang memiliki bau dan warna yang khas ini baru akan pecah bila kontraksi atau mulas yang terjadi telah berlangsung dalam waktu lama dan teratur. Inilah yang menandakan persalinan akan segera berlangsung.

Jadi, Anda sudah tahu bagaimana caranya mengenali mana mulas tanda mau melahirkan yang asli dan mana yang palsu, kan? Bila rasa mulas atau kontraksi itu terus berlangsung dalam waktu yang teratur, sebaiknya segeralah pergi ke dokter atau klinik persalinan. Jangan tunggu nanti-nanti karena Anda tak bisa tahu dengan pasti kapan bayi akan dilahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *