Bahaya Aplikasi Android FaceApp

Sudahkah Anda menggunakan aplikasi Android bernama FaceApp? Bagi Anda yang tidak dikenal, ini adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menentukan usia foto selfie Anda. Untuk dapat menikmati aplikasi ini Anda perlu download aplikasi FaceApp di Google Playstore. Tapi tahukah Anda, di balik kesenangan berbagi foto ramalan usia tua di jejaring sosial, nampaknya ada bahaya. Apa bahaya nya?

Bahayanya adalah masalah perlindungan privasi. Dengan memulai Mashable, aplikasi ini mengumpulkan informasi dalam bentuk lokasi dan riwayat pencarian browser (riwayat browser) di ponsel cerdas Anda, baik Android dan iPhone. Informasi ini disediakan dalam bentuk halaman web yang Anda kunjungi, plug-in dan informasi lainnya seperti lokasi dan riwayat Anda. Tujuan dari pengumpulan informasi ini harus digunakan oleh FaceApp untuk meningkatkan layanan.

Ternyata informasi ini tidak hanya digunakan untuk meningkatkan kualitas aplikasi FaceApp. Alasannya juga tertulis bahwa FaceApp membagikan informasi ini dengan “mitra periklanan eksternal” untuk iklan yang ditargetkan. Dengan kata lain, garis informasi dari FaceApp menunjukkan kepada Anda iklan yang cocok dengan yang Anda cari di peramban. Jika Anda sering menjadi korban iklan perawatan kulit setelah melihat perawatan kulit terbaik di Google Chrome, Anda akan melihat contohnya di sini.

Selain itu, FaceApp mengklaim bahwa foto disimpan tanpa izin pengguna. FaceApp mengunduh foto yang kami “miliki” kirimkan di cloud alih-alih langsung mengeditnya di smartphone tempat aplikasi FaceApp diinstal. Pakar privasi mengatakan pada peluncuran The Verge bahwa penyalahgunaan foto tidak dapat terjadi, tetapi ada yang salah dengan mengirimkan foto kami ke pihak lain tanpa izin kami. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang penggunaan kerahasiaan. Dengan catatan Anda, tidak terlalu sulit untuk melacak lokasi dan menggunakan data privasi untuk iklan.

Aplikasi FaceApp telah menjadi viral lagi dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone melalui tantangan # AgeChallenge, juga di Indonesia. Meskipun tampak lucu, pengguna tampaknya harus lebih memperhatikan penggunaan aplikasi ini. Alasannya adalah FaceApp dapat menyiarkan, menyimpan, dan bahkan menjual foto pengguna untuk tujuan komersial, bahkan jika foto itu dihapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *