Manfaat Blockchain untuk Membantu UMKM

Kamar Dagang dan Industri Indonesia memiliki rencana untuk menghubungkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia dengan penyedia layanan logistik dan rantai pasokan global menggunakan aplikasi super menggunakan teknologi blockchain.

Rico Rustombi sebagai Wakil Presiden Sektor Logistik dan Rantai Pasokan Kadin mengatakan saat ini tidak ada perusahaan logistik dan rantai pasokan di Indonesia yang menggunakan teknologi blockchain. Itulah sebabnya ia bekerja sama dengan Forum Blockchain Asia dengan inisiatif untuk menciptakan Pusat Keunggulan dan Pendidikan Blockchain, BCEE, sebuah forum untuk pendidikan dan penyebaran teknologi blockchain untuk perusahaan, terutama UMKM.

Fase berikutnya akan menghubungkan UKM dengan bantuan aplikasi skala super besar yang dikembangkan oleh World Logistic Council. Sistem Aplikasi Ekonomi Digital Multi-Dimensi (MDDEAS) adalah aplikasi super yang dirancang dan dibentuk dengan program Asia Benchmark Trade Lane (BTL) yang menghubungkan semua produsen, penyedia layanan logistik, rantai pasokan, dan keuangan di kawasan Asia pada satu platform,

Karena cepat atau lambat Indonesia harus mengadopsi blockchain, tetapi sebelum itu masyarakat Indonesia harus lebih dulu mengenal teknologi tersebut, karena perusahaan di Indonesia saat ini berusaha memahami teknologi dan belum memasuki tahap aplikasi. Teknologi Blockchain juga dapat digunakan untuk sistem logistik dan rantai pasokan, tetapi dapat digunakan di berbagai sektor lain seperti ritel, keuangan, dan lainnya.

Kolaborasi antara kedua perusahaan untuk menciptakan Tradelens adalah platform logistik digital yang menggunakan teknologi blockchain yang berguna untuk menghubungkan penyedia layanan logistik dari 94 perusahaan yang terdiri dari operator pelabuhan dan terminal yang berbeda dengan regulator bea cukai di Belanda, Arab Saudi, Singapura, Australia dan Peru bahkan akan mengurangi biaya logistik sebesar 16%.

Penerapan teknologi blockchain yang ada untuk logistik dan rantai pasokan Indonesia, bagaimanapun, menghadapi tantangan dari perusahaan teknologi dan sistem informasi yang berbeda dan masih belum ada standardisasi. Tantangan penerapan teknologi blockchain difokuskan pada kemampuan perusahaan untuk mengendalikan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *